Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Rabu, 21 Januari 2015

Desa Bunder Jimpret Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu


Desa Bunder terletak dibagian barat kecamatan Widasari Kab. Indramayu  dari jalur pantura Widasari sekitar 3 KM, Desa Bunder memiliki dua bagian di batasi dengan jembatan, yang biasa disebut dengan sasak telu (jembatan tiga). Maksudnya ada tiga cabang jalan arah ke Wanasari arah ke Jimpret dan arah ke Bunder. Desa Bunder sendiri ada dua yang disebut dengan Bunder dan Jimpret, masing-masing dibedakan dengan jalan yang cabang.
Masyarakat desa Bunder masih percaya dengan ritual-ritual, seperti Sedekah Bumi. Di desa Bunder ada tempat yang dinamakan kedokan kartem yang terletak di tengah-tengah persawahan. Yang biasa pada hari tertentu masyarat pada membikin tumpeng untuk acara tahunan Sedekah Bumi dan diserahkan ke tempat keramat tersebut. Banyak masyarakat yang percaya dengan hal yang mitos tersebut.
Desa Bunder memiliki masjid yang lumayan besar, yaitu masjid Jami Baitul Ma’mur yang terletek  sejajar dengan kantor Balai Desa Bunder.
Masyarakat Desa Bunder pekerjaannya yang bervareasi seperti Petani, Pedagang, Wiraswasta, Guru, dll. Masyarakat desa Bunder mayoritasnay adalah pentani karena sawah di desa Bunder sangat luas sekali. Perekonomian yang meningkat sangat derastis di desa Bunder apabila  panen tiba . Dan banyak juga masyarakat yang kerja di luar daerah maaupun luar Negeri.

Deskripsi Kondisi Geografis dan Sosiokultural Desa Bunder
Desa Bunder adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu, dengan koordinat 6o27’50 LS dan 108o15’57 BT serta memiliki luas wilayah 216,98 Ha. Sedangkan untuk populasi Desa Bunder, berjumlah 4.687 jiwa. Desa ini berbatasan dengan:
a.       Sebelah Utara   : Desa Tamansari (Tegal Bedug) dan Ujung Aris.
b.      Sebelah Timur   : Desa Widasari dan Kongsi Jaya.
c.       Sebelah Selatan : Desa Kalensari.
d.      Sebelah Barat    : Desa Telagasari dan Nunuk
Kondisi ketinggian tanah dari permukaan air laut adalah 0,5 m dengan suhu rata-rata 31o C. Jarak dari pusat pemerintahan Kecamatan 3 KM. Penduduk Desa Bunder pada umumnya menggunakan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air untuk sehari-hari, tetapi berhubung airnya asin sehingga air ini tidak dipakai untuk minum.
Penduduk Desa Bunder mayoritas beragam Islam. Daerahnya terdiri dari 4 Rukun Warga (RW) dan 12 Rukun Tetangga (RT) serta mempunyai 3 Masjid Jami’ dan 17 Mushola. Adapun kegiatan keagamaan yang sudah berjalan yaitu jamiah qulhu dan jamiah ibu-ibu yang rutin dilaksanakan seminggu sekali di setiap mushola.
Bidang Pendidikan
Pendidikan formal di Desa Bunder hanya terdapat 3 Sekolah Dasar (SD), yaitu SDN I Bunder, SDN II Bunder, dan SDN III Bunder. Sedangkan pendidikan non formal terdiri dari 1 Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA), 2 TK/TPA yang lokasinya di samping DTA dan di Balai Desa.
-          Bidang Ekonomi
Desa Bunder termasuk daerah pertanian yang hasil utamanya adalah padi dan sebagian merupakan tanaman palawija seperti kacang panjang, bawang merah, dan ketimun.
Perekonomian Desa Bunder mayoritas berasal dari pertanian ini, setiap orang hampir semua warga mempunyai sawah masing-masing sedangkan sisanya menjadi buruh tani. Berdasarkan data yang ada, jumlah kepala keluarga yang bekerja 998 jiwa dan yang tidak bekerja mencapai 494 jiwa.
-          Bidang Kesehatan dan Lingkungan
Fasilitas kesehatan di Desa Bunder sangat kurang, hanya terdapat satu unit puskesmas desa yang ditangani oleh seorang bidan desa serta perlatan dan obat-obatan yang tidak memadai. Sedangkan keadaan lingkungan di Desa Bunder kurang begitu bersih dan setiap kali musim hujan terendam banjir, hal ini dikarenakan drainase (saluran air) yang tidak ditata dengan baik karena kesadaran masyarakat yang kurang.
Bidang Sosial dan Organisasi Pemerintahan Rasa kebersamaan atau gotong royong di masyarakat Desa Bunder hampir punah dikarenakan situasi politik yang tidak bersih, contohnya pemilihan kepala desa dengan money politic sehingga sebagian besar masyarakat kecewa dan susah untuk bekerja sama. pemerintah Desa Bunder dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dibantu oleh perangkat desa yang membawahi 4 RW dan 12 RT. Pemerintahan Desa Bunder didukung oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), MUI, LPM, Karang Taruna, PIK-KRR dll.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar